Kamis, 28 Februari 2013

Kinerja Februari 2013 YTD: Portfolio doktermarket +12.84% VS IHSG +11.10%



IHSG kembali melanjutkan rally awal tahunnya. Hingga Februari 2013 ini, IHSG telah menguat sebanyak 11.1%. Portfolio doktermarket yang berasal dari rekomendasi realtime, baik beli maupun jual, selama jam market, juga memberikan return yang cemerlang.

Hingga bulan Februari, portfolio doktermarket telah berhasil mencetak return sebesar 12.84 %  Year to Date yangmana lebih tinggi dibandingkan IHSG sebesar 11.10%

Grafik 1: Return Portfolio Doktermarket VS Return IHSG Sepanjang 2013


Seperti yang terlihat pada grafik di atas, sepanjang bulan Februari, portfolio DM mencetak gain yang cukup baik, yakni sebesar 6.31 %. Mengingat telah tingginya IHSG, kami mengambil langkah untuk sedikit defensif. Hal ini terlihat dengan alokasi dalam saham hanya 61.25% (pembulatan).
Strategi kami yang menggunakan prinsip let your profit run dan strategi dynamic trailing profit kami membantu member untuk meraih gain signifikan karena member mendapatkan rekomendasi realtime selama jam market kapan saat masuk dan kapan saat keluar serta besaran alokasi untuk tiap tindakan jual-beli, bukan sekadar rekomendasi yang hanya melaporkan pada sore harinya, misalnya saham ABCD telah dibeli ketika awal hari sebelum harganya naik atau telah dijual sebelum harganya turun namun baru dinyatakan sesudah market tutup tanpa memberikan manfaat real bagi member.

Strategy kami adalah mencari saham yang berpeluang berbalik arah menguat dan akan naik signifikan, bukan sekedar saham yang sudah naik banyak (asal break high: buy),  sehingga membantu member dalam mencari penerapan optimal risky portfolio, karena umumnya, saham yang sudah naik tinggi memiliki risiko yang lebih besar untuk berbalik melemah dibandingkan saham yang baru memulai rallynya.

Hal ini terlihat dari kinerja kami yang mana beberapa saham memberikan return sangat tinggi karena dilakukan entry di awal rallynya seperti BRMS mencetak gain 30% lebih, juga PNBN dan  MYOR yang memberikan return lebih dari 20%  karena entry yang dilakukan sejak di awal rally.
Grafik 2: Penggerak portfolio doktermarket sepanjang Februari 2013


Pada bulan Februari lalu, beberapa saham berhasil naik signifikan. BRMS naik 31% hanya dalam bulan Februari saja. Kemudian menyusul PNBN yang memberikan gain 25.74% dan MYOR 21.65%.

Limit Your Risk
Seiring tingginya IHSG, strategi melindungi modal bilamana terjadi pembalikan arah sangat penting. Selain kami tidak pernah menggunakan hutang, kami memberikan rekomendasi realtime selama jam market sehingga member tidak perlu kuatir mengalami kerugian besar kalau terjadi perubahan arah IHSG tiba-tiba.

Pengalokasian cash dan equity pun memegang peranan penting. Untuk mengurangi risiko,, kami tidak menyarankan penggunaan hutang. Hal ini terlihat pada grafik alokasi saham dan cash sepanjang bulan Februari, yang menunjukkan bahwa portfolio doktermarket selalu menggunakan full cash, dengan rata-rata alokasi saham sebesar berkisar 61.25% dari seluruh modal

Grafik 3: Pergerakan alokasi saham dan cash sepanjang Februari 2013 (dalam %, pembulatan ke atas)



Dengan rekomendasi real time untuk aktivitas jual beli saham dari tim doktermarket, seluruh member doktermarket mendapatkan  kesempatan untuk meraih return yang sama besarnya. Termasuk pula besaran alokasi dari tiap transaksi terhadap modal, sehingga member doktermarket terhindar dari kehilangan kesempatan ataupun mengalami kerugian besar karena rekomendasi yang terlambat bila hanya diberikan sesudah market tutup.
Bilamana anda menginginkan return yang superior dari rekomendasi real time selama jam market, pertimbangkan untuk bergabung dalam membership doktermarket

Karena selain mendapatkan rekomendasi harian, member doktermarket juga mendapatkan rekomendasi realtime selama jam market melalui jalur Blackberry Messenger atau Whatsapp atau Yahoo Messenger atau short message service. Sehingga, anda tidak perlu kuatir kehilangan kesempatan emas  untuk membeli dan menjual pada saat yang tepat.

Terkait: