Senin, 03 Juni 2013

Kinerja Mei 2013: Portfolio Doktermarket +8.37% VS IHSG + 0.69%

Sell in May and Go Away.  Begitulah pepatah lama berbicara. Apakah memang selalu sulit mencari gain pada bulan Mei? Belum tentu juga. Kontras dengan penurunan IHSG pada akhir Mei yang menyebabkan IHSG hanya naik 0.69 persen, Portfolio Doktermarket berhasil meraih gain sebesar 8.37 persen pada bulan Mei ini. Sebuah selisih yang sangat signifikan. Bagaimana kami bisa mencapainya?

Kami menyeleksi dan mengalokasikan pada saham-saham mana yang memiliki potensi akan naik tinggi, bukan saham-saham yang sudah naik tinggi sehingga rawan mengalami pembalikan arah. Hal ini terlihat dengan jelas bahwa MLPL yang lama sideways berhasil menguat 34 persen kurang dari satu bulan, seperti yang telah direkomendasikan dalam Member Only: Saham Lippo (Rp 590) Ini Berpeluang Naik 42% Bulan Ini. Demikian pula dengan CMNP yang memberikan return 26% pada bulan Mei ini  (Member Only: CMNP (Rp1840) Bersiap Rally 27%) setelah mengalami sideways selama lima bulan . Diikuti oleh BSDE  yang memberi gain 21% seperti yang diulas dalam BSDE (Rp 1780) Menuju New High

Salah satu ciri saham yang breakout dan akan naik tinggi adalah penembusan resisten kuatnya dengan  cepat. Member doktermarket mendapatkan manfaat rekomendasi real time selama jam market melalui Blackberry Messenger/Yahoo Messenger/SMS/Whatsapp-nya, sehingga tidak kehilangan momentum meraih gain akibat ketinggalan harga seandainya hanya mendapatkan rekomendasi sesudah market tutup.

Grafik 1: Top Gainer& Top Loser dalam Portfolio Doktermarket sepanjang Bulan Mei 2013

Penentuan strategi dan market timing berperan besar dalam mencari potensi gain yang tinggi dengan risiko minimal. Hal ini terlihat pada grafik di atas, satu saham berhasil memberi gain di atas 30% pada bulan ini (yakni MLPL sebesar 34.29%), dua saham memberi gain di atas 20% bulan ini (yakni CMNP dan BSDE) dan enam saham memberi gain di atas 10% bulan ini (ALTO, PNLF, META, TAXI dan BMTR). Sebaliknya, hanya lima saham yang memberikan kerugian di atas 5% (BKSL, PTRO, RANC, ADMG dan TMPI). Tidak ada saham yang memberikan kerugian di atas 10% dalam portfolio doktermarket.

Kinerja Portfolio Doktermarket vs IHSG sepanjang 2013


Seperti yang terlihat pada grafik di atas, return Portfolio Doktermarket sempat sedikit tertinggal dengan return IHSG pada bulan Maret dan April, namun kembali menyalip mengungguli IHSG pada bulan Mei ini dengan selisih yang signifikan.

Seluruh member doktermarket mendapatkan  kesempatan untuk meraih return yang sama besarnya, karena doktermarket memberikan rekomendasi real time selama jam market saham apa yang layak beli dan layak jual, dan besaran alokasi tiap saham dalam portfolio, sehingga member terhindar dari kehilangan kesempatan ataupun mengalami kerugian besar karena rekomendasi yang terlambat bila hanya diberikan sesudah market tutup.

Doktermarket pun benar-benar melakukan order atas rekomendasi real time-nya sendiri selama jam market untuk memastikan apakah rekomendasinya benar-benar dapat match atau tidak, sehingga rekomendasi tersebut benar-benar mampu memberikan manfaat kepada membernya.

Bilamana anda menginginkan return yang real dari rekomendasi real time selama jam market, pertimbangkan untuk bergabung dalam membership doktermarket.