Senin, 01 Juli 2013

Kinerja Semester I/2013: Portfolio Doktermarket Bertahan di Tengah Badai

 Bulan Juni telah berlalu. IHSG tertekan tajam hingga turun 4.93% dalam waktu sebulan. Bagaimana dengan anda? Apakah anda hanya terpaku melihat penurunan ini? Apakah portfolio saham anda banyak yang “nyangkut” di atas?.

Kunci sukses dalam berinvestasi di pasar modal adalah bukan hanya meraih untung ketika market sedang bullĂ­sh, namun juga mampu mempertahankan profit yang telah diraih sebelumnya ketika market berbalik arah, yakni dengan meminimalisir kerugian sekecil mungkin.

Pada bulan Juni ini, Portfolio Doktermarket hanya mengalami penurunan sebesar 0.65%, jauh lebih baik daripada IHSG yang turun sebesar 4.93%. Perlu diperhatikan, bahwa penurunan ini bukan selalu berarti kerugian, melainkan disebabkan oleh turun tajamnya beberapa saham yang telah memberikan gain tinggi pada bulan Mei yang kemudian turun pada bulan Juni ini dan melawati batas trailing profitnya.

Grafik 1: Penggerak Portfolio Doktermarket sepanjang Juni 2013

Seperti yang terlihat pada grafik di atas, saham CMNP berhasil naik sangat tinggi, yakni 52% dan 36% pada bulan Juni ini saja, tidak termasuk kenaikan 26% pada bulan Mei lalu. META dan LPKR ikut menyumbangkan gain pada bulan Juni ini. 

Sedangkan, beberapa top loser disumbang oleh saham-saham yang bulan Mei lalu telah naik tajam kemudian turun melewati batas trailing profitnya pada bulan Juni ini seperti BSDE dan MLPL. Pada bulan Juni ini BSDE turun 15% (tidak termasuk kenaikan 21% dalam bulan Mei). Disusul MLPL turun 13%  bulan Juni ini (setelah naik 34% pada bulan Mei).

 Alhasil, sepanjang semester pertama tahun 2013 ini, Portfolio doktermarket telah menghasilkan return sebesar 22.57%, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan IHSG yang hanya memberikan gain 11.63% pada periode yang sama.

Grafik 2: Return Bulanan Portfolio Doktermarket dibandingkan Returun Bulanan IHSG Sepanjang 2013


Seperti yang terlihat di atas,  return dari Portfolio doktermarket secara rata-rata mampu konsisten mengungguli return IHSG ketika bullish dan mampu meminimalisir kerugian ketika terjadi koreksi.

Ketika market dalam volatilitas tinggi, rekomendasi real time mampu menyelamatkan portfolio anda dari kerugian yang besar, ataupun hilangnya gain yang telah diraih sebelumnya. Dengan rekomendasi realtime, member  mendapatkan rekomendasi  sesuai dengan harga real di market.Sehingga, hal ini  sangat menguntungkan dibandingkan dengan rekomendasi yang hanya diberikan sesudah market tutup.  Pada bulan Juni ini banyak terjadi open gap yang menyebabkan  hilangnya peluang dan bertambahnya kerugian bilamana tidak mendapatkan rekomendasi real time.

Bilamana anda membutuhkan rekomendasi yang memberikan manfaat nyata, bukan hanya sekadar rekomendasi tidak realtime yang mengklaim telah membeli sebelum harganya naik dan mengklaim telah menjual sebelum harga turun namun baru diberitahukan sesudah terjadi, pertimbangkan untuk bergabung dalam membership doktermarket

terkait: