Senin, 02 September 2013

Agustus 2013: Portfolio Doktermarket -0.34% VS IHSG -9.01%

Pada bulan Agustus,  IHSG terterpa berbagai isu negatif.  Pelemahan Rupiah dan Deficit current account kuartal dua yang tinggi membuat IHSG terpuruk hingga turun 9.01% dalam sebulan. Alhasil,  IHSG barbalik memberikan return minus 2.82% pada bulan Agustus Year to date. Di sinilah kemampuan seorang investor diuji: Mampukah bertahan ditengah badai?

Dengan rekomendasi realtime-nya, Portfolio doktermarket mampu bertahan dengan meminimalisir kerugian akibat turunnya market dengan keunggulan yang sangat signifikan.
Pada bulan Agustus lalu, portfolio doktermarket hanya mengalami penurunan 0.34% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, jauh lebih baik daripada IHSG yang terpuruk hingga turun 9.01%.


Grafik 1: Pergerakan Return Portfolio doktermarket dan Return IHSG sepanjang 2013

Seperti yang terlihat di atas, kemampuan meminimalisir kerugian mampu melindungi profit yang telah didapatkan ketika market bullish. Hal ini terbukti pada bulan Juni, Juli dan Agustus Portfolio Doktermarket hanya turun 3.24%, suatu kerugian yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan IHSG turun tajam sebesar 17.23%.


Alhasil, sepanjang tahun 2013, Portfolio Doktermarket telah memberikan profit sebesar 19.39%, semakin jauh mengungguli dibandingkan dengan IHSG malah yang memberikan loss sebesar 2.82% sepanjang periode yang sama.

Grafik 2: Penggerak utama portfolio Doktermarket sepanjang Agustus-2013

Seperti yang terlihat pada grafik di atas, dua saham mampu memberikan return dua digit hanya dalam bulan Agustus saja, yakni ADRO yang memberi gain 13% dan TMPI sebesar 10%.  Tiga saham  lainnya, yakni ETWA, CPIN, dan CMNP mampu memberikan gain antara 7% hingga 9%.
Dari  top loser, lima saham terburuk memberikan loss sebesar 8%. 

Tingginya loss pada bulan Agustus ini disebabkan oleh banyaknya saham yang ketika pembukaan pasar langsung turun dalam langsung melewati batas stoplossnya sehingga Doktermarket harus memberikan alert kepada member doktermarket untuk melakukan stoploss demi melindungi keutuhan modal. Dengan mampu melindungi modal ketika pasar turun, seorang investor akan siap mencari profit ketika market berbalik menjadi kembali bullish.

Ketika market turun tajam dalam tiga bulan terakhir, seringkali investor merasa panik dan bingung apakah harus melakukan stoploss demi menjaga keutuhan modal atau menunggu pasar rebound. 

Dengan menjadi member doktermarket, seorang investor akan selalu didampingi doktermarket  selama jam market untuk menghadapi gelombang pasar.  Doktermarket memberikan rekomendasi realtime, baik ketika market naik maupun turun

Bilamana anda membutuhkan rekomendasi realtime yang terbukti mampu memberikan manfaat nyata, bukan hanya sekadar rekomendasi tidak realtime yang tidak sesuai dengan kondisi pasar, pertimbangkan untuk bergabung dalam membership doktermarket

terkait: