Sabtu, 12 November 2011

Krisis hutang Eropa Tidaklah Sederhana.

Sedikit tulisan sederhana di hari libur. Saya akan mencoba mengupas krisis Eropa dari sudut pandang pribadi dengan bahasa yang sederhana.

Dengan disetujuinya paket penghematan Italy kemarin, bursa saham di Eropa dan AS merespons positif dgn kenaikan signifikan.

Apakah berarti masalah di Eropa otomatis selesai?

Belum tentu. Sebab utama dari dua krisis besar yang terjadi pada abad 21 ini?

Pertumbuhan di negara AS dan Eropa sudah mencapai tahapan titik jenuh sehingga sulit untuk terus naik. Real growth untuk negara Eropa barat sejak era 1990an tidak dapat melebihi angka 3 persen (kalau tidak salah). Alasannya sederhana: sudah mentok.

Kalau dianalogikan dengan manusia, maka EU dan US dapat dikatakan sebagai seorang pensiunan. Tentunya pertumbuhan pendapatan seorang pensiunan akan sulit naik signifikan dibandingkan dengan seorang pekerja di usia 30-40an yang mana sedang dalam masa keemasan di karirnya (ini adalah China pada saat ini).

Namun keinginan masyarakat untuk semakin makmur terus menekan Pemerintah setempat.

Ketika Pendapatan tidak lagi mencukupi komsumsi, maka otomatis jalan keluarnya adalah berhutang.

Dengan hutang yang kecil, katakanlah 5 persen dari PDB, terlihat memang aman-aman saja. Namun bagaimana kalau selama sepuluh tahun terus menerus berhutang dengan angka lima persen tersebut?

Dalam sepuluh tahun maka hutangnya mencapai 50 persen tanpa memperhitungkan interest yang pasti ada.

Nah inilah yang sedang terjadi di Eropa. Masyarakat sudah keenakan hidup makmur, pengangguran mendapatkan tunjangan, sedang penduduk usia pensiun semakin membesar.

Kalau ketika di Sekolah Dasar kita belajar dengan "menabung" maka "sedikit demi sedikit akan menjadi bukit", maka dalam kasus Yunani, sedikit demi sedikit hutang maka akan menjadi gunung hutang".

Penyelesaian masalah hutang ini akan kembali pada negara itu sendiri.
Ada beberapa alternatif yang mungkin dilakukan untuk kasus negara Eropa ini.

1. Penghematan besar-besaran sambil dilakukan kenaikan pajak. Italy nampak menerima dengan cara ini, namun rakyat Yunani tidak suka dengan cara ini.

2. Yunani ditendang dari Uni Eropa untuk sementara sampai hutangnya selesai. Idenya adalah menyelamatkan mata uang Euro supaya krisis tidak menjalar. Ini ide Jerman namun dibenci Perancis. Maklum yang ngasih hutang paling banyak kepada Yunani adalah bank- bank Perancis. Kalau Yunani dintendang dari EU kemudian default, tentunya bank- bank Perancis akan kolaps.

3. ECB as last lender resort. Apapun yang terjadi, bank sentral eropa akan bersedia menalangi. Sepertinya ide cemerlang. Jadi apapun yang terjadi, secara tidak langsung, seluruh EU akan menalangi.
Namun ada hal penting yang nampaknya terlewatkan: darimana duit talangan tersebut? Sebanyak apa sih duitnya Bank Sentral Eropa? Apakah ECB punya cukup uang untuk menalangi?
Penulis melihat ini hanya semacam macan kertas untuk memberikan confidence kepada pasar.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Jumat, 11 November 2011

Kamis, 10 November 2011

BRMS membuat pola bullish inverted head and shoulders

BRMS membuat pola bullish inverted head and shoulders, yang memberikan sinyal bahwa BRMS berpeluang untuk menguat menuju fibnacci 100% di 670. Batas 670 ini merupakan resistant kuat untuk BRMS.


Rekomendasi Spec Buy Target 670

BBCA tertahan di support

Pelemahan BBCA tertahan di 8100 yang membuat BBCA berpeluang menguat menuju 8650.

Rekomendasi trading buy Target 8650

Selasa, 08 November 2011

Senin, 07 November 2011

SMSM Berpeluang untuk Break All time High

SMSM Berpeluang memasuki Wave 5 dengan membuat pola bullish symmetrical triangle yang memberikan sinyal bahwa SMSM berpeluang untuk menuju new high di Fibonacci 123.6% di area 1510.


Rekomendasi Trading Buy kalau naik di atas 1350 Target 1510.

BWPT Menuju All time High

BWPT Berpeluang untuk menuju all time high jika....

ASII Sulit naik lagi

ASII nampak sulit untuk naik lebih lanjut sehingga memungkinkan koreksi menuju MA200.

Rekomendasi Take Profit, atau Sell kalau turun di bawah 65800 Target 60400

MNCN Kemungkinan berada di High Wave B

MNCN nampak sulit untuk menembus all time high yang berpeluang mencirikan high wave B. sehingga ada pelluang untuk pelemahan menuju low Wave A

Rekomendasi: Sell kecuali naik di atas 1160 Target 930

BMRI: Pertimbangkan Take Profit

Walaupun BMRI belum mencapai target dari pola bullish double bottom, namun penguatan yang terhadang di area 7200-7300, memungkinkan BMRI kembali ke bawah

Rekomendasi: Take Profit kalau turun di bawah 7050.

Minggu, 06 November 2011

MEDC Membuat inverted had and shoulders

MEDC berpeluang untuk naik kea rah 2900 bilaman berhasil naik di atas 2400.


Rekomendasi Trading Buy kalau naik diatas 2400 Target 2900

MYOR Mengakhiri Downtrend

BBCA berpeluang untuk menguji all time high

BBCA berpeluang untuk menguji all time high. Bilamana BBCA berhasil menguat di atas 8100 akan membuka penguatan lanjutan ke 8600-8700.

Rekomendasi trading buy kalau naik di atas 8100 target 8600-8700